7 Langkah Menjaga AC Tetap Dingin

Kita tentu selalu berharap agar AC mobil kita dapat terus memberikan udara yang sejuk di kabin. Namun, apakah Anda ingat untuk merawatnya?

Padahal untuk menjaga agar AC awet dinginnya, hanya perlu memeriksakan AC secara periodik setahun sekali. Dan sebaiknya matikan switch AC agar tidak terbuang percuma saat mesin dinyalakan, hal ini berguna sebagai langkah penghematan.

Namun, ada bagian-bagian dari AC yang perlu diperhatikan dalam langkah perawatan dan hal ini dapat Anda lakukan sendiri di kala liburan.

1.Periksalah selang AC/ hose AC, apakah ada kebocoran atau tidak. Karena kebocoran apada bagian ini dapat menyebabkan AC menjadi tidak lagi dingin.

2.Periksa juga apakah receiver/dryer masih layak pakai atau harus diganti. Perhatikan bagian indikatornya. Bila terjadi kerusakan, cepat ganti. Karena bila tidak, lama kelamaan kerusakan akan merembet ke alat lain seperti expansion valve, kompresor, dll.

3.Periksa pula apakah pelumasnya masih cukup atau perlu ditambah.

4.Bersihkanlah bagian Condensor. Karena sebagai tempat heat exchange / tempat sirkulasi udara panas berpindah, kotoran tentu akan banyak menumpuk di bagian ini dan dapat mengurangi udara dingin yang dihasilkan AC.

5.Periksa juga bagian unit pendingin. Bila bagian ini kotor, segeralah bersihkan. Sebab bila tidak, udara dingin yang dihasilkan tentu saja tidak dapat menembus keluar karena dinding unitnya dilapisi kotoran tebal. Dan yang lebih parah lagi, hal ini ternyata dapat menimbulkan karat dan bila suatu saat dibersihkan dapat terjadi kebocoran.

6.Jangan lupa periksa freon AC Anda. Masih layak/tidak. Dan untuk mengisi freon / gas harus diperiksa terlebih dahulu oleh bengkel service AC.

7.Periksa juga bagian Evavorator dan bersihkan bagian ini dari kotoran.

( syu / syu )

***


Sumber : detik.com