Tips Perawatan Ban

Kendaraan boleh mewah, bodi mengkilap dengan interior yang mentereng, tapi bagaimana kalau ban jelek alias kusut tidak terawat?

Bayangkan saja, kalau kondisi ban kita tidak optimal, seperti salah pemasangan, tekanan angin yang tidak tepat, sampai kembang yang dibiarkan menipis.

Ada baiknya juga kalau kita ikuti saja tips-tips dari produsen ban dari Jepang yakni Bridgestone. Sebagai pemimpin pasar ban terbesar, nggak salah dong kita intip sedikit tips-tipsnya.

Pertama, untuk masalah penggantian ban. Saat penggantian ban, disarankan untuk memilih ban yang sama ukuran dan kembangannya, namun jika berbeda, minimal harus setara daya angkutnya dengan ban asli.

Kemudian, hindari pemakaian ban yang tidak sejenis. Penggunaan tipe-tipe ban yang berbeda pada poros yang sama bisa mempengaruhi manuver, stabilitas dan pengereman, karena adanya perbedaan karakteristik dan bentuk ban.

Selanjutnya mengenai tekanan angin ban. Kebanyakan masalah ban disebabkan oleh yang satu ini, tekanan anginnya tidak tepat. Hal ini sangat mempengaruhi prestasi pengendaraan dan umur ban, bahkan bisa menyebabkan borosnya konsumsi BBM.

Karenanya, disarankan untuk sesering mungkin memeriksa tekanan angin ban dan atur tekanan angin ban, hanya pada saat kondisi ban masih dingin.

Terakhir, bagaimana menyimpan ban yang tidak dipakai. Ketika menyimpan ban,
hindari sinar matahari langsung, ozon, kelembaban, produk yang terbuat dari
minyak bumi, dan suhu udara yang tidak menentu.

Nah, kira-kira seperti itulah tips-tips merawat ban kendaraan kita. Karena ban adalah salah satu unsur safety pada kendaraan, jangan ada kompromi dalam hal perawatannya.

( bgj / ddn )

***


Sumber : detik.com