Tips Atasi Mobil Ngadat

Permasalahan klasik pada mobil yang telah lama tidak digunakan adalah sulit di starter. Namun, terkadang mobil yang biasa digunakan sehari-hari pun ternyata menemui kendala yang sama.

Penyebab masalah tersebut biasanya ada pada aki kendaraan dan motor starter, namun, hal-hal sepele seperti sambungan kabel dari aki ke dinamo starter ternyata juga dapat menjadi penyebab sulitnya menstarter mobil.

Karena, bagian tersebut dapat menyebabkan aliran listrik menjadi tidak maksimal sehingga membuat dynamo menjadi tidak berputar.

Karena itulah, sangat dianjurkan pada para pemilik kendaraan untuk secara rutin mengecek kondisi kabel mereka. Lakukanlah sebuah perawatan sederhana pada kabel-kabel tersebut, seperti memeriksa ikatan kabel-kabel baik ke aki maupun ke dinamo starter. Sebab pada bagian tersebut ikatan kabel haruslah terjalin dengan kuat.

Lindungi juga kabel-kabel tersebut dari kemungkinan bersentuhan dengan blok mesin maupun komponen-komponen panas lainya untuk menghindari bagian kabel meleleh.

Pemeriksaan ini pun harus lebih diintensifkan bila anda memiliki mobil yang berusia tua. Karena pada mobil-mobil yang sudah tua, kabel-kabel biasanya sudah mulai bermasalah. Mulai dari isolasi kabel yang mulai mengeras, serabut-serabutnya yang sudah putus, dan berkerak.

Kondisi-kondisi inilah yang menghambat kabel melakukan tugasnya dalam mengalirkan arus listrik dari aki ke dinamo starter. Jadi jagalah selalu kondisi kabel kendaraan anda. Jangan sampai mobil anda tersebut jadi sulit di starter apalagi harus sampai didorong dahulu hanya karena masalah sepele seperti kabel ini.
( syu / ddn )

***


Sumber : detik.com