Tips Hilangkan Bau Rokok

Pertanyaan:

Bagaimana cara menghilangkan bau rokok yang menempel di mobil dan saat AC dinyalakan?

Terima kasih

Fajar (fajarmoreno@yahoo.co.id)

Jawab:

Sebenarnya merokok di dalam mobil bukanlah kebiasaan yang baik, karena dapat membuyarkan konsentrasi terutama saat menyalakannya. Tapi bila keinginan merokok tidak bisa ditahan, berikut beberapa tips supaya mobil Anda tidak terlalu bau:

1. Tahan sebentar keinginan merokok saat jalanan macet atau mobil berhenti. Lemahnya sirkulasi udara saat berhenti akan membuat asap rokok mengendap di dalam kabin.

2. Saat merokok, bukalah kaca depan dan belakang sekitar 5-7 cm. Buanglah abu di sisi depan kaca, karena di sinilah tekanan vakum paling besar terjadi, yang akan mengisap abu dan asap keluar mobil.

3. Nyalakan AC saat merokok. Mungkin terdengar aneh, tapi ini sangat membantu. Sistem AC mobil mengambil udara dari dalam kabin. Jadi ia akan mengisap asap rokok yang tersisa, menyaringnya di filter AC, dan udara akan segar kembali keluar dari lubang AC. Tentu saja kaca depan dan belakang tetap dibuka. Tapi meski mengurangi bau kabin, cara ini membuat filter AC lebih cepat kotor, dan Anda mesti rajin membersihkannya.

4. Pakailah pengharum kabin tipe padat, karena efektif menyerap bau tak sedap.

5. Bersihkan selalu asbak setelah melakukan perjalanan.

( ddn / ddn )

***


Sumber : detik.com