AWAL TINGKATKAN DAYA

Terkadang kita bingung, mesin kendaraan standar yang sudah bagus tenaganya, namun kita masih belum puas juga dengan performanya, biasa...... manusia tak selalu puas.

Kalau kita ingin tingkatkan daya dengan biaya yang paling murah, cepat dan tidak mengubah spesifikasi standar mesin (mungkin sayang karena kendaraan relatif baru) dapat dilakukan beberapa hal dengan biaya +/- Rp 1 s/d 2 juta.

Apa yang bisa kita lakukan? Tambah daya pengapian nya !!
Ganti koil dengan spesifikasi tegangan dan ampere yang lebih tinggi dengan demikian tenaga yang dihasilkan akan lebih besar karena percikan api yang dihasilkan lebih besar.

Dengan cara ini bahan bakar lebih mudah terbakar, syukur-syukur kita juga pakai bahan bakar dengan oktan tinggi dan pengapian sekalian ganti dengan sistim CDI. Meskipun demikian apabila tegangan terlalu besar juga tidak baik kecuali bila disertai dengan penggantian busi berikut kabelnya. Kalau busi tak diganti, bisa leleh dan mesin cepat panas.

Untuk pengapian mesin modern, yaitu dengan pengapian sistim multi koil (satu busi satu koil) atau semi multi koil (dua busi satu koil), penggantiannya agak sulit karena saat ini belum ada yang kompatibel dan juga sudah tak diperlukan kabel busi lagi.

Lantas apa yang dapat kita lakukan dengan mesin modern yang sudah EFI tersebut?. Kita masih punya kesempatan dengan biaya murah dan cepat, yaitu tanpa ubah ECU, kita bisa tambahkan piranti Fuel Regulator Adjustment dengan harapan dapat dengan mudah menyesuaikan pasokan tekanan bahan bakar kendaraan.

Untuk kendaraan dengan bahan bakar solar, paling ringan adalah dengan menambah piranti semacam diesel accelerator, dll.

***


Sumber : indoto.com